Latest News

Fakta Dan Informasi Seputar Kehamilan Kucing

Jika pada postinggan yang sebelumnya aku membahas wacana Ciri-ciri Kucing Hamil , untuk postingan kali ini aku akan membahasa wacana Fakta Dan Informasi Seputar Kehamilan Kucing , dan semoga menjadi pengetahuan buat sahabat – sahabat semua yang memiliki Hewan Peliharaan kucing yang sedang hamil.
 
Siklus reproduksi
Pada dasarnya kucing ialah hewan yang tidak mempunyai siklus reproduksi teratur menyerupai insan atau hewan lain. Pada insan , sapi , anjing dan hewan lainnya , siklus reproduksi terjadi secara periodik dan teratur. Oleh alasannya ialah itu anjing dan insan rutin mengalami menstruasi.

Kemiripan lain anjing dan insan dalam hal reproduksi ialah dalam hal pelepasan sel telur dari indung telur. Dalam bahasa kedokteran sering disebut ovulasi. Pada insan dan anjing , ovulasi terjadi secara rutin dan spontan.

Kucing sedikit berbeda. Siklus reproduksi kucing tidak berlangsung teratur dalam periode tertentu. Tahap birahi/minta kawin (estrus) pada kucing dipengaruhi oleh banyak sekali hal. salah satunya ialah lama matahari bersinar dalam satu hari (day light time).

Di negara dengan empat animo , lama matahari bersinar berbeda antara animo panas dan animo dingin. Kucing biasanya minta kawin pada animo dimana matahari bersinar lebih lama. Lain lagi dengan negara-negara tropis yang lamanya matahari bersinar relatif tidak berubah terlalu banyak. Di tempat tropis , siklus reproduksi kucing relatif lebih teratur dengan periode 1-1.3 bulan.

Lama kehamilan
Masa kebuntingan kucing bervariasi antara 59-70 hari , rata-rata 63-65 hari. Cara gampang mengingat ialah dengan membandingkan dengan manusia. Manusia hamil selama 9 bulan , sedangkan kucing 9 minggu.

Semakin awal anak kucing lahir , bobot lahir dan ketahanannya semakin kecil. Anak kucing yang lahir pada 59 hari masa kebuntingan , memerlukan perhatian ekstra supaya dapat hidup dan terus berkembang.

Anak kucing yang lahir pada hari ke 65-70 mempunyai bobot lahir yang lebih besar. Mereka cenderung lebih besar lengan berkuasa dan garang menyusu pada induknya.

Waktu kelahiran tergantung pada interaksi induk dan anak kucing yang ada di rahim. Proses kelahiran dimulai dengan pelepasan beberapa hormon reproduksi dari anak. Induk kucing merespon dengan cara melepaskan hormon-hormon reproduksi lain yang banyak berperan dalam proses kelahiran.

Banyak bapak
Kucing ialah hewan superfekunditas. Artinya dari satu kelahiran , anak kucing mampu saja mempunyai bapak yang berbeda-beda. Bila pada waktu birahi kucing dikawini oleh beberapa pejantan , pada ketika kelahiran nanti , mampu saja masing-masing pejantan tersebut mempunyai anak.

Di keluarga kucing yang berukuran besar menyerupai singa , ialah hal biasa bila terjadi pembunuhan anak singa oleh pejantan dominan. Hal ini biasa terjadi pada ketika seekor singa gres saja mengambil alih pimpinan kelompok. Singa gres tersebut akan berusaha membunuh semua anak singa dari pemimpin sebelumnya.

Resiko selama kehamilan
Periode kritis masa kemamilan terjadi selama tiga ahad pertama. Berbagai bisul penyakit dan obat-obatan dapat mensugesti perkembangan janin. Contohnya kalau induk kucing yang sedang hamil tersebut terekspos terhadap virus panleukopenia , anak kucing yang lahir biasanya mengalami kerusakan otak parah.

Begitu pula kalau selama masa kehamilan , induk kucing divaksinasi. Perkembangan janin akan terganggu. Induk kucing harus divaksinasi sebelum masa kehamilan (sebelum kawin). Sehingga kekebalan badan terhadap penyakit tertentu meningkat dan sebagian dapat diturunkan kepada anaknya dalam bentuk kekebalan pasif.

Hormon kehamilan
Selama kehamilan , produksi hormon progesteron dalam badan meningkat dengan tajam , mencapai puncaknya sekitar hari ke-35 setelah kawin. Pada ketika inilah kucing menjadi lebih hening dan perut mulai terlihat semakin besar.

Masa mengandung kucing berlangsung selama 59 รข€“ 70 hari. Beberapa hari terakhir sebelum lahir , induk menjadi gelisah dan mulai mencari tempat hening untuk melahirkan. Induk kucing berusaha meningkatkan kedaluwarsa tubuhnya didaerah sekitar tempat melahirkan , untuk mempermudah anak-anaknya kembali setelah bermain disekitar sarang.

Seiring mendekatnya waktu kelahiran , nafsu makan induk kucing mulai hilang. Gelisah dan nafas mulai terengah-engah disertai kontraksi.         

0 Response to "Fakta Dan Informasi Seputar Kehamilan Kucing"