Latest News

Grooming/Memandikan Kelinci

Untuk menjaga kebersihan grooming , bulu kelinci akan tumbuh dengan baik dan terawat.
Proses  grooming  dan pada kelinci sebagai berikut :

1. Sediakan air hangat
Siapkan dua kolam air hangat , untuk mandi dan bilas. Bila pakai kolam mandi untuk bayi atau baskom plastik lebar. Kondisi air hangat-hangat kuku. Isinya setengah dari tinggi kelinci.

2. Basahi Kelinci
Masukkan kelinci dalam kolam mandi. Arahkan kelinci membelakangi Anda , biar tidak mencakar seandainya berontak. Usapkan air hangat dari belakang ke arah depan. Usap rambut biar air hangat meresap hingga ke kulit. Sebelumnya , tutup kuping kelinci dengan kapas biar tidak kemasukkan air.

3. Keramas dengan shampo
Angkat kelinci dari kolam untuk dikeramas. Letakkan di ats perlak bayi , usapkan sampo merat ke seluruh tubuh. Boleh pakai sampo kiiten ( anak kucing ) atau sampo bayi . Agar merata samponya , pijit hingga kekulit badan , usap episode yang mudah kotor dan susah dijangkau. Misalnya telapak kaki , sekitar anus dan daun telinga.

4. Bilas hingga Bersih
Masukkan lagi kelinci dalam kolam untuk dibilas. Guyur dengan air hangat pelan-pelan sembari mengusap rambut dan kulit dengan tangan. Pindahkan ke kolam bilas yang sudah dipersiapkan. Guyur dan usap berulang-ulang. Lakukan hingga sampo benar-benar bersih dari rambut dan kulit.

5. Angkat dan keringkan
Setelah bersih , angkat dari kolam lalu titiskan rambut dengan handuk kering. Lalu rambut dikeringkan dengan hair drier sambil disisir. Semua episode badan harus kering , termasuk episode perut , lipatan kaki dan telinga.

6. Bersihkan indera pendengaran dan kuku
Lubang indera pendengaran perlu dibersihkan dengan cotton bud. Carnya , bashai cutton bud dengan baby oil , lalu bersihkan lubang indera pendengaran secara lembut dan hati-hati. rapikan kuku menggunakan gunting. Pemontongan mampu sebelum mandi.

7. Taburi bedak
Potong rambut episode tertentu , misalnya sekitar anus , biar tidak terkena pup dan pipisnya. Rapikan episode kaki biar tidak menganggu gerak. Agar aromanya amis , taburkan bedak bayi atau kitten. Bila perlu tambahkan dengan menyemprot baby cologne biar lebih wangi. Setelah semua beres , berikan makan untuknya. Usai mandi , nafsu makan kelinci luar biasa. Makannya sangat lahap.

Grooming atau Memandikan kelinci cukup 1 atau 2 bulan sekali. Memandikan akan membutuhkan waktu sekitar 45 hingga 60 menit , lakukan dengan lembut dan tenang. Jangan paksa Hewan Peliharaan kelinci anda untuk masuk air kalau menolak keras , tenangkan dulu kelinci anda dan coba usap pelan-pelan dengan air hangat biar terbiasa.

Yang perlu diperhatikan ialah usia kelinci. Untuk kelinci dibawah umur 3 bulan , sebaiknya jangan dimandikan dulu. Cukup diusap dengan handuk yang telah dibasahi air hangat , kemudia diperas hingga tidak menetes lagi.

1 Response to "Grooming/Memandikan Kelinci"