Latest News

Tips Merawat Ikan Arwana

Ikan Arwana siapa yang tak kenal dengan hewan peliharaan yang satu ini , yang kerap kali menghiasi ruang tamu halaman rumah. Arwana termasuk famili ikan "karuhun" , yaitu Osteoglasidae atau famili ikan "bony-tongue" (lidah bertulang) , alasannya yakni bab dasar mulutnya berupa tulang yang berfungsi sebagai gigi. Ikan yang memiliki pesona dengan bentuk dan penampilan yang cantik serta unik. Tubuh memanjang , ramping dan gerakan renang yang sangun. Ikan arwana ini memiliki beberapa jenis menyerupai silver , golden dan super red. Di antara ketiga jenis ini , nama super red arwana yang terbilang memiliki peringat teratas dan paling digemari. 

Ketahanan fisik yang besar lengan berkuasa , unik dan warna sisik yang merah menyala membuat ikan ini banyak dikoleksi. Mesti harganya tergolong mahal justru ini yang menjadi Dalam Aquarium pajang ikan arwana mampu mencapai 45-60 cm , sedangkan di alam mampu mencapai sekitar 90 cm , bahkan jenis arwana tertentu asal amerika selatan mampu mencapai sekitar 270 cm. 

Bagi anda yang ingin memelihara ikan arwana , disini saya menshare sedikit tips merawat ikan arwana yang baik dan benar di dalam aquarium , sehingga ikan arwana anda tidak stres ataupun biar mampu berkembang dengan baik.
  • Sesuaikan ukuran aquarium dengun ukuran ikan arwana , semakin besar ukuran aquarium akan semakin baik. Idealnya ukuran akuarium 3 kali dari panjang ikan dan lebarnya kurang lebih 1. 5 kali panjang ikan.
  • Tempatkan aquarium di daerah yag terhindar dari lalu lalang atau acara yang terlalu banyak , biar ikan tidak stress.
  • Cek temperatur aquarium , idealnya untuk ikan arwana yakni 26 - 30 °C. Suhu yang tidak sempurna mampu membuat ikan menjadi sakit dan persoalan lainnya.
  • Untuk ph air juga harus diperhatikan , idealnya yakni sekitar 6-8 ,5ph. Jika kurang tambahakan kapur ke dalam air.
  • Untuk pakan ikan arwana , anda mampu memberi jangkrik , katak , lipan dan hewan kecil lainnya. Bisa 2 kali sehari untuk ukuran 35cm ke atas. Hindari member makan terlalu banyak , alasannya yakni mampu menjadikan ikan menjadi gemuk dan malas bergerak , selain itu juga membuat aquarium kotor.
  • Untuk proses pemindahan ikan dan juga penggantian air harus dilakukan dengan hati-hati. Ada 2 metode pergantian air. Sekali 2 hari dengan persentase 10% dari air akuarium , atau mampu juga keseluruhan dengan waktu sekali dalam 3 bulan.
  • Jika air yang anda gunakan dari PAM. Sebaiknya di biarkan selama 24 jam biar kandungan khlor mengendap , dan setelah itu mampu dimasukkan ke dalam aquarium
Untuk postingan berikutnya saya akan membahas Ikan Arwana berdasarkan jenisnya masing - masing. Terima kasih


0 Response to "Tips Merawat Ikan Arwana"