Latest News

Vaksinasi Pada Kucing

Apakah Hewan Peliharaan Kucing Membutuhkan Vaksinasi , Berikut ini pembahasannya seputar Vakasinasi Pada Kucing;
Apa yang dimaksud vaksinasi ?
Secara sederhana , vaksinasi yaitu tindakan yang memancing pembentukan antibodi (kekebalan) badan terhadap suatu penyakit dengan cara memasukkan bab dari bibit penyakit (bakteri , virus , dll) atau sejumlah bibit penyakit yang dilemahkan.

Setelah umur berapa kucing dapat divaksinasi ?
Umumnya kucing mulai divaksinasi pada umur 8-9 ahad , alasannya yaitu pada umur tersebut antibodi yang diterima dari induknya melalui susu mulai berkurang. Tetapi perlu diperhatikan pula kondisi kesehatan kucing. Pada beberapa kucing , meskipun telah mencapai umur yang cukup , kondisi tubuhnya masih lemah dan belum layak di vaksinasi.

Mengapa vaksinasi perlu diulang ?
Vaksinasi ulang dilakukan semoga kadar antibodi dalam badan kucing tetap tinggi. Bila antibodi melimpah , kekebalan kucing terhadap penyakit juga meningkat. Jumlah antibodi pada kucing yang tidak divaksinasi ulang lama-lama akan semakin menurun , balasannya kekebalan terhadap penyakit juga akan semakin berkurang.

Apakah kucing yang sakit mampu sembuh dengan vaksinasi ?
Vaksinasi lebih bersifat pencegahan , artinya vaksinasi hanya mampu diberikan jika kucing dalam keadaan sehat. Vaksinasi yang diberikan pada kucing yang kurang sehat , justru dapat menjadikan sakit pada kucing tersebut.

Apakah kucing yang telah divaksinasi 100 % aman dari penyakit ?
Tidak. Kucing yang telah divaksinasi mampu saja terserang penyakit , tetapi biasanya penyakit yang terjadi tidak parah dan tidak hingga menjadikan kematian.

Vaksin terhadap penyakit apa saja yang perlu diberikan pada kucing ?
Ada beberapa penyakit menular berbahaya yang dapat menjadikan janjkematian pada kucing , yaitu : Feline Panleucopenia (Distemper kucing) , Rhinotracheitis & Calicivirus (Flu Kucing) , Chlamydia , Feline Leukemia dan Rabies.

0 Response to "Vaksinasi Pada Kucing"