Latest News

Hamster Hewan Peliharaan yang Lucu

Hamster hewan peliharaan yang lucu ,  binatang kecil yang termasuk dalam ordo Rodentia. Artinya , hamster termasuk dalam kelompok binatang pengerat menyerupai halnya kelinci , marmut , dan tikus. Walau demikian , orang – terutama di Indonesia – sering salah menyebut hamster sebagai tikus atau marmot. Untuk membedakannya sangatlah gampang , hamster memiliki bulu-bulu yang menyerupai dengan warna kucing (hitam , abu-abu , coklat , putih , kuning dan merah). Hidung hamster berwarna kemerah-merahan. Binatang ini cenderung pemalu. Hal lain yang membedakan hamster dan tikus atau marmot ialah hamster memiliki tubuh yang gemuk dan ekor yang pendek , sedangkan tikus atau marmot mempunyai tubuh agak ramping dan buntut yang panjang.

Hamster bukanlah binatang asli Indonesia , habitat hamster kebanyakan berasal dari kawasan sub-tropis sebelah utara , terutama sekitar Rusia , Mongolia , Cina adegan utara , dan Siria. Ada banyak ragam hamster di dunia. Walau demikian , hanya ada 4 jenis hamster yang umum dipelihara di Indonesia , yakni Hamster Siria , Hamster Campbell , Hamster Winter White , dan Hamster Roborovski. Ada beberapa orang yang menyebut Hamster Cina. Hamster ini tidak populer di Indonesia dikarenakan proses pemeliharaannya yang tidak mudah , serta perkembangbiakannya yang relatif sulit. 

Awalnya hamster digunakan sebagai binatang media percobaan di laboratorium. Seiring berjalannya waktu , hamster mulai dikenal sebagai hewan peliharaan. Wajah hamster yang lucu dan menggemaskan membuat banyak orang terpikat. Selain itu , memelihara hamster juga memerlukan perjuangan yang sangat minimal. Pemilik hamster cukup menyediakan aquarium , serbuk kayu untuk media tidur dan penyerap kotoran , botol minum , serta makanan yang memenuhi syarat untuk memenuhi kebutuhan gizi hamster. Semuanya sangat mudah.

Pengembangbiakan Hamster
Hamster berkembang biak dengan cara melahirkan atau beranak , saat-saat setelah melahirkan ialah yang paling rawan dalam habitatnya. Karena hamster betina termasuk “kanibal”. Ia bias saja memangsa pejantannya sendiri serta anaknya. Untuk mengantisipasinya , maka pejantan dan buah hati atau anaknya harus segera dipisah dengan betina. Ya , menyerupai itulah hamster. Jiwanya sensitif apabila induknya stress. Tetapi ada pula hamster yang dengan setia merawat anaknya hingga besar menyerupai hamster jenis syrian keturunan super , jenis ini ialah hamster yang bakir merawat bayi-bayinya hingga besar tanpa ada yang mati sekalipun kita campur bayi hamster dari indukan yang lain.

Ketika beranak , hamster bias melahirkan sekitar 1 – 13 ekor. Itulah sebabnya habitat hamster tergolong banyak , walaupun sejatinya hamster hidup tidak lebih daru 3 tahun. Bahkan mampu kurang dari 3 tahun kalau hidup di alam bebas. Hamster mempunyai panjang tubuh 5 – 10 cm , sangat mungil. 

Memelihara Hamster
Karena hamster termasuk binatang pengerat , maka tempat tinggalnya harus terbuat dari serbuk-serbuk kayu yang berasal dari pohon cedar dan pinus. Makanan hewan yang cocok untuk diberikan untuk hamster ialah biji-bijian , hamster juga gemar memakan butir padi.
Hal unik lainnya ialah binatang ini dapat megalami diabetes. Untuk itu mengapa hamster tidak diizinkan makan buah-buahan yang memiliki kadar gula tinggi. Untuk yang ingin memelihara sepasang hamster , disarankan untuk menyiapkan sangkar lebih dari satu. Ini dilakukan untuk memisahkan hamster betina dengan anaknya , dan juga pejantannya.

0 Response to "Hamster Hewan Peliharaan yang Lucu"