Latest News

Tips Cegah Infeksi Toksoplasma

Hewan peliharaan sebagaimana telah Anda ketahui , merupakan sumber penyakit toksoplasma kalau kurang diperhatikan kebersihannya. Tetapi toksoplasma tidak hanya berasal dari hewan peliharaan saja. Toksoplasma yakni penyakit yang diakibatkan oleh benalu Toksoplasma Gondii , yang dapat ditularkan oleh kucing. Ternyata tak hanya kucing yang dapat menjadi dalang penyebaran penyakit toksoplasma. Toksoplasma dapat menyerang semua jenis satwa , termasuk burung , ikan , kelinci , anjing , babi , kambing dan mamalia lain , bahkan manusia. Parasit ini juga mampu terdapat pada daging setengah matang , telur setengah matang , buah-buahan atau sayuran yang tercemar tinja hewan peliharaan yang mengandung oosit toksoplasma , salah satu bentuk toksoplasma yang dapat menjadikan infeksi.

Selain dari kotoran Tips Cegah Infeksi Toksopasma yang dapat Anda ikuti untuk mencegah toksoplasma masuk dalam badan hewan peliharaan kesayangan anda:

  • Rajin-rajinlah membersihkan sangkar hewan peliharaan Anda beserta kotorannya. Spora toksoplasma dapat berkembang mulai 1 hingga 5 hari , jadi bersihkanlah sangkar setiap hari untuk mencegah berkembangnya spora tersebut.
  • Gunakanlah sarung tangan dan masker ketika membersihkan sangkar hewan peliharaan. Setelah final , basuh tangan Anda dengan sabun supaya bersih dengan sempurna.
  • Selalu mencuci tangan sebelum makan , terutama bila Anda gres saja final membersihkan sangkar hewan peliharaan Anda.
  • Periksakan hewan peliharaan Anda secara rutin supaya dapat segera diketahui bila mereka suatu waktu terkena infeksi. Bila ternyata hewan peliharaan Anda terinfeksi , titipkanlah di daerah pemeliharaan atau karantina hewan minimal selama 6 ahad , yaitu masa dimana suatu abuh dapat ditularkan.
  • Bila hewan peliharaan Anda ternyata sehat , jangan biarkan mereka keluar rumah , memakan daging mentah , bermain dengan binatang lain atau memburu tikus liar.
  • Bila hewan peliharaan Anda ternyata sehat , jangan biarkan mereka keluar rumah , memakan daging mentah , bermain dengan binatang lain atau memburu tikus liar.
  • Hindari tempat-tempat yang terdapat kotoran kucing ibarat rumput , tanah atau pasir untuk digunakan berkebun maupun daerah bermain bagi anak Anda.
  • Selalu mencuci buah-buahan dan sayuran yang akan Anda konsumsi , terutama yang berasal dari kebun sendiri , dengan sabun yang biasa digunakan untuk mencuci piring. Namun ingat untuk membilasnya hingga benar-benar bersih.
  • Bila Anda senang mengkonsumsi daging , hindari mengkonsumsi daging yang mentah maupun daging setengah matang. Mintalah daging yang Anda pesan supaya matang total (well done) bila memesan makanan ibarat steak di cafe atau restoran.
  • Sempatkan untuk mengukur suhu daging yang Anda masak atau rebus sendiri dengan termometer. Suhu yang ditunjukkan oleh termometer minimal harus sebesar 70 derajat celcius supaya basil pembawa toksoplasma yang berada dalam daging mati seluruhnya.
  • Periksakan diri Anda secara rutin ke dokter untuk mengantisipasi diri terjangkit toksoplasma , terutama bila Anda sedang mengandung.
Jadi jangan khawarit selama hewan peliharaan Anda tetap terjaga kebersihannya , Anda tetap dapat memeliharanya tanpa rasa takut alasannya tertular abuh toksoplasma. Dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan jauh lebih penting untuk mencegah infeksi toksoplasma masuk dalam badan Anda.

0 Response to "Tips Cegah Infeksi Toksoplasma"