Latest News

KARAKTER DAN SIFAT BURUNG CENDET

Cendet atau pentet merupakan salah satu hewan peliharaan jenis burung predator yang memiliki bunyi variasi isian yang sangat baik dan cendet yaitu burung sawah yang dapat menirukan bunyi burung jenis lain ataupun binatang lain menyerupai walang kecek dan jangkrik. Singkatnya , burung cendet atau pentet sangat istimewa. Oleh karena itu Cendet mendapat julukan si burung sawah yang cerdas. Suara khasnya memang kurang enak bila di dengar , namun apabila ia sudah dimaster dengan bunyi burung lain maka bunyi yang dinyanyikannya akan semakin mengagumkan dan enak di dengar. Meski warnanya tidak semewah Murai Batu atau Anis Merah , tetapi tak bisa dipungkiri bila kualitas kicauannya bisa mensugesti siapa saja yang mendengar. Master yang baik untuk burung cendet ini yaitu : cucak jenggot , love bird , cililin , belalang , burung gereja (sedang tarung) , branjangan , ciblek , kenari dan jalak uret. Apabila cendet kesayangan Anda memiliki semua jenis bunyi burung master tersebut maka tinggal bagaimana melatih mentalnya saja biar tidak drop dikala berada di arena lomba atau kontes burung berkicau.

Karakter dan sifat burung cendet yaitu ekornya yang panjang dan akan meliuk-liuk bila sedang berbunyi. Sifat asli burung cendet yaitu galak dan bila mematuk biasanya beliau akan sekaligus menggigit dengan paruhnya yang tajam dan meninggalkan bekas gigitannya ditangan. Namun apabila burung cendet ini kita pelihara semenjak piyikan maka sifat galaknya akan sedikit hilang bahkan burung ini bila melihat tangan kita mendekat ia akan eksklusif turun seolah-oleh kita akan memberinya makan (jangkrik atau ulat).

Sayangnya , untuk menerima cendet yang gacor owor-owor dari pagi sampe sore , kita harus bisa menerima Cendet jantan. Meski ini tidak mutlak , tetapi sangat diyakini bahwa hanya Cendet jantan yang bisa menghibur sang pemilik. Bahkan , dalam latber ataupun  lomba , belum pernah terdengar ada penerima yang membawa cendet betina untuk di adu. Oleh alasannya yaitu itu , ada baiknya kita mengenali ciri-ciri cendet jantan terlebih dahulu sebelum kita membeli atau memeliharanya. Dan dibawah ini yaitu ciri singkat dari cendet jantan atau pentet jantan.
  • Bagian pipi dari cendet jantan memiliki warna hitam yang sangat pekat. Jika hitamnya agak pudar , biasanya cendet tersebut berkelamin betina. 
  • Bentuk kepala cendet jantan biasanya ceper mendatar , sementara cendet betina lebih menggelembung atau agak oval.
  • Supit yang dimiliki cendet jantan berbentuk kecil panjang dan disertai motif garis yang tidak beraturan. Sementara cendet betina memiliki supit yang agak besar dengan disertai motif garis yang teratur menyerupai kembang.
Ciri-ciri cendet jantan atau ciri-ciri pentet jantan diatas hampir bisa dikatakan tepat karena dominan penghobi dan penjual burung sepakat dengan ciri-ciri tersebut.

0 Response to "KARAKTER DAN SIFAT BURUNG CENDET"